Keakuratan Wikipedia
Tombol Sunting Wikipedia (sumber: twitter.com)

Artikel Arteria Dahlan Diedit Sembarangan, Bagaimana Keakuratan Wikipedia?

Artikel tentang Arteria Dahlan yang diedit oleh salah seorang netizen dan malah dijadikan dagelan memang jadi sesuatu yang luar biasa ya. Memang akhirnya artikel tersebut sudah kembali normal lagi sekarang. Tapi apakah itu artinya tingkat keakuratan artikel di Wikipedia dipertanyakan? Apakah Wikipedia bisa menyajikan fakta yang salah?

Singkatnya sih, hal itu bisa dipertanyakan, atau dengan kata lain bisa aja tingkat keakuratannya meleset. So kalau kamu jadikan Wikipedia sebagai satu-satunya sumber untuk mencari tahu sesuatu, medingan koreksi dulu apa yang kamu lakukan deh. Sebenarnya Wikipedia juga secara resmi udah bilang gitu, kok. Melalui akun Twitter Wikipedia Bahasa Indonesia @idwiki, pihak mereka udah sebutkan hal itu dengan sangat jelas.

“’” Wikipedia gak boleh dijadikan referensi”, itu kata dosen/guruku’.

Benar. Alasannya isinya dapat berubah setiap saat. Gunakan Wikipedia sebagai langkah awal, periksa dan gunakan catatan kaki yang ada di sana untuk tugasmu.

Wikipedia hanyalah wadah, bukan pengganti pengetahuan.”

So sekali lagi, Wikipedia memang memberikan semua yang mereka ketahui akan suatu hal. Dan bisa dibilang sih, Wikipedia itu jadi kamus ensiklopedia yang luar biasa untuk kita. Tetapi kaya yang Wikipedia sendiri bilang, jangan gantikan pengetahuan dengan Wikipedia.

Cari informasi dari sumber lain adalah solusi yang paling tepat untuk permasalahan seperti ini. Dengan kita cari informasi dari sumber yang lain, kemungkinan besar kita akan dapat informasi dari sudut pandang yang lain. Dengan begini, wawasan kita akan beragam dan jadi lebih kaya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Wikipedia dan Arteria Dahlan

Arteria Dahlan diedit Deskripsinya oleh Netizen, Ini Reaksi Wikipedia!

harga tiket indonesia vs vietnam

Ini Dia Daftar Harga Tiket Laga Indonesia vs Vietnam