Klitih Trending
Ilustrasi Kltih (sumber: istock.com)

Apa Itu Klitih yang Trending? Simak Penjelasannya!

Jagad maya khususnya di platform Twitter sedang ramai memperbincangkan Klitih sampai-sampai Klitih menjadi salah satu Trending di Twitter. Tetapi banyak yang belum mengetahui apa itu Klitih sebenarnya.

Kata Klitih itu sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang apabila diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti berjalan mondar-mandir atau juga bisa diartikan sebagai mencari sesuatu.

Kata ini sebenarnya tidak memiliki makna yang negatif sedikitpun. Seorang Pakar Bahasa Jawa sekaligus Guru Besar Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Pramnowo, Klitih dapat diartikan menjadi keluyuran yang tidak menentu atau dengan arah yang tidak jelas.

“Dulu, kata klithah-klithih sama sekali tidak ada unsur negatif, tapi sekarang dipakai untuk menunjuk aksi-aksi kekerasan dan kriminalitas. Katanya pun hanya dipakai sebagian, menjadi klithih atau nglithih yang maknanya cenderung negatif,” kata Pranowo.

Klitih yang Trending

Berbeda dengan hal itu, Klitih yang tengah trending mengacu pada tindakan pembegalan yang terjadi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dulunya, Klitih adalah sebuah geng atau kelompok kriminal pelajar yang ada di wilayah Yogyakarta.

Geng ini sempat muncul bahkan pada tahun 1990-an.

Tiga tahun berselang, tepatnya apda 7 Juli 1993, Kepolisian Wilayah (Polwil) DIY mulai memetakan keberadaan Geng remaja di Yogyakarta tersebut.

Lalu sekitar tahun 2000-an, terjadi tawuran antar pelajar yang mulai muncul dan membuat Wali Kota Yogyakarta pada waktu itu, Herry Zudianto menjadi waswas.

Herry kemudian mengambil tindakan untuk memberikan instruksi kepada sekolah-sekolah untuk menindak tegas apabila muncul potensi-potensi kriminal lainnya dengan memberikan sanksi berupa dikembalikan ke orang tua, atau dikeluarkan dari sekolah.

Instruksi tersebut juga sempat dinilai ampuh untuk menangkal munculnya Geng Remaja yang bermunculan kala itu.

Selain itu, instruksi tersebut juga dinilai ampuh untuk membuat beberapa geng pelajar mencari musuh yang artinya mereka tidak beroperasi.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Resmi!! Akibat Virus Corona, Piala Asia Futsal 2020 Ditunda!

Pohon Netizen Monas

Penanaman Pohon Kembali Monas, Netizen Pertanyakan Hal Ini!