Ahok PDIP BUMN
Ahok (sumber: kompas.com)

Ahok Jadi Bos BUMN, Harus Keluar Dari PDIP?

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan memimpin salah satu Badan Usaha Milik Negara alias BUMN di Indonesia. Tetapi saat ini Ahok masih terdaftar sebagai kader PDIP. Apakah Ahok rela meninggalkan PDIP demi mempimpin BUMN?

Saat dimintai konfirmasi, Ahok memberikan file surat edaran nomor SE-1/MBU/S101/2019 yang menyebutkan tentang keterlibatan direksi dan dewan komisaris BUMN Group (BUMN, anak perusahaan BUMN, dan perusahaan afiliasi BUMN) sebagai pengurus partai poltik, dan/atau anggota legislatif dan/atau calon anggota legislatif.

Pada intinya, siapapun yang diangkat ke jajaran direksi atau komisaris di BUMN dilarang untuk menjadi pengurus Partai Politik. Berikut ini petikan isi surat yang diterima Ahok itu.

Sesuai dengan ketentuan persyaratan pengangkatan Direksi, Dewan Komisaris, Dewan Pengawas BUMN dan pengangkatan Direksi serta Dewan Komisaris anak perusahaan BUMN yaitu dilarang sebagai pengurus partai politik, dan/atau anggota legislatif dan/atau calon anggota legislatif.

Ketika disinggung kembali apakah Ahok akan keluar dari PDIP demi masuk ke BUMN, Ahok meminta kembali untuk membaca isi surat tersebut. Ahok kemudian menegaskan bahwa posisinya di PDIP sebatas kader, bukanlah pengurus.

“Baca aja aturannya? Saya bukan pengurus partai kan,” kata Ahok lewat pesan singkat, Rabu (13/11/2019) dilansir dari detikcom.

Berdasarkan informasi terkini, Ahok dikabarkan menjadi direktur utama salah satu perusahaan BUMN di bidang Energi. Terkait hal itu, Ahok tidak memberikan tanggapan apapun.

Ahok hanya mengatakan bahwa dirinya siap untuk menjadi bos BUMN. Karena bagi dirinya hal itu adalah salah satu bentuk untuk membantu negara.

“Bagi saya, kalau ada kesempatan bantu negara, pasti siap dan bersedia,” kata Ahok

Ahok Ditunjuk Jadi Bos BUMN

Diberitakan sebelumnya bahwa Ahok yang memiliki nama lengkap Basuki Tjahaja Purnama dipanggil oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. Ahok langsung masuk untuk menjadi calon Bos BUMN.

Dikutip dari cnbcinodnesia.com, masuknya Ahok untuk menjadi calon Bos salah satu BUMN adalah hasil rekomendasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu disampaikan oleh salah satu Stah Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Berdeka Selatan, Jakarta pada Rabu (13/11/2019) kemarin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bambang Nurdiansyah

Berita Liga 1 2019: Banur Ingin Pemain Konsisten Jelang Kontra Bali United!!

Ditahan Imbang Iran, Indra Sjafri Ungkap Faktornya!!