5 Kontroversi Dirut Garuda Indonesia, Ari Akhsara yang Dicopot Erick Tohir

Menteri BUMN, Erick Tohir akhirnya memberhentikan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (GIAA), Ari Askhara. Langkah tersebut diambil Erick setelah mempertimbangkan hasil pemeriksaan komite audit terhadap penyelundupan komponen Harley Davidson.

Sebelum kasus penyelundupan komponen Harley Davidson ini, ada beberapa kehebohan dan skandal maskapai penerbangan plat merah tersebut dibawah pimpinan Ari Askhara.

1. Merekayasa Laporan Keuangan

Laporan keuangan Garuda Indonesia tahun buku 2018 terbukti bermasalah dan direkayasa. Wong rugi sampai USD 244,95 juta kok malah diaku-aku untung USD 809,84 juta, khan aneh. Keanehan itu diendus oleh Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan alias OJK. Keduanya sepakat menyimpulkan adanya pelanggaran dalam laporan keuangan Garuda Indonesia tahun 2018. Bukan itu saja, akuntan publik, kantor akuntan publik juga dijatuhi hukuman.

2. Larangan pengambilan gambar di dalam pesawat

Pada bulan Juli 2019, Garuda Indonesia mengeluarkan aturan pelarangan selfie dan pengambilan gambar di pesawat, baik foto maupun video. Aturan tersebut ditandatangani oleh Pjs SM. Standardization & Development, Evi Oktaviana pada tanggal 14 Juli 2019.

Namun, 2 hari kemudian tanggal 16 Juli, pelarangan itu berubah menjadi himbauan.

3. Live music di pesawat

Ada live music di pesawat Garuda. Oh senengnya! Namun, pengamat penerbangan Indonesia, Alvin Lie, mengkritik kebijakan nyeleneh maskapai itu.

Menurutnya, Garuda Indonesia mengabaikan mood penumpang pesawat yang beraneka ragam. Ada yang sedang bahagia, ada yang sedih atau ada yang ingin istirahat.

4. Membuka rute yang sudah ditutup karena merugi

Rute penerbangan Jakarta-London sebelumnya ditutup karena merugi. Tapi pada tanggal 13 Desember, di bawah kepemimpinan Dirut Ari Askhara, Garuda Indonesia membuka kembali rute tersebut.

Katanya sih, pembukaan tersebut berdasarkan analisis internal pihak Garuda. Tak hanya itu, rute ke Eropa pun dibuka lagi pada tanggal 1 Oktober 2019.

Yah begitulah sekelumit kontroversi Garuda Indonesia dibawah kepemimpinan Ari Askhara, sang Dirut yang baru saja dipecat oleh Erick Tohir.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Persija vs Bhayangkara FC

VIDEO!! Full Highlights, Persija Jakarta vs Bhayangkara FC (0-3)

Timnas Indonesia u23

Tekuk Laos, Indonesia Melaju Ke Semifinal SEA Games 2019!!