5 Fakta Mengerikan Kecoa Bagi Kesehatan Manusia!

5 Fakta Mengerikan Kecoa Bagi Kesehatan Manusia!

Bukan rahasia lagi kalau kecoa adalah serangga yang paling ditakuti di Indonesia. Karena bentuknya yang menggelikan, siapa sih yang gak lari terbirit-birit begitu melihatnya? Biasanya, kecoa disekitaran rumah kita, baik di kamar madi, selokan, kolong meja, dll.

Selain menggelikan serangga satu ini sendiri juga berbahaya bagi kesehatan manusia. Bukan karena hewan ini mengandung racun yang menyebabkan  penyakit, tapi mereka adalah vektor alias pembawa jutaan bakteri dan agen infeksi yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Dan berikut sederat masalah kesehatan bagi manusia yang ditimbulkan oleh kecoa, dilansir dari akun Instagram @top5_id:

  1. Menyebabkan Diare dan Keracunan Makanan

Kecoa memang bisa hidup dengan makanan apapun. Terlepas dari makanan yang kita makan, mereka juga memakan tanaman mai, hewan, materi feses, lem, sabun, kulit, bahkan hela rambut yang jatuh.

Maka dengan ini kalian harus hati-hati dengan kehadiran serangga satu ini ketika masuk kerumah karena bisa menularkan bakteri dan bibit penyakit ke makanan yang tidak terlincungi atau ditutup. Selain itu, mikroorganisme pennyebab penyakit juga ada sistem pencernaan kecoa dan isa menyebar lewat kotoranya.

  1. Bisa Memicu Gejala Asma Pada Anak-Anak

Dilansir dari Wikipedia, Asma bisa dipicu oleh beberapa hal, seperti paparan iritasi dan zat yang memicu alergi (alergen), seperti serbuk sari, tungau debu, spora kapang, bulu hewan peliharaan sampai partikel kotoran kecoak, jelas laman Mayo Clinic. Ciri-ciri asma adalah adanya sesak napas, nyeri dada atau serangan batuk yang parah.

Kecoa sendiri memiliki beberap konsekuensi negatif bagi kesehatan manusia karena memiliki allergen yang bisa ditemukan di kotoran, air liur dan bagian tubuh lain pada kecoa. Ini juga bisa memicu reaksi alergi dan gejala asma pada anak-anak.

  1. Bisa Menyebabkan Ruam Pada Kulit

Pada tahun 1959, dikembangkan tes alergi pada kulit dan dokonfirmasi bahwa serangga yang satu ini bisa menjadi pemicu munculnya ruan pada kulit, ungkap Pest World.

Penjelasanya, air liur, feses, dan nagian tubuh kecoa yang tercecer bisa memicu alergi. Oleh karena itu, segera bersihkan kulit yang terkena kontak langsung dengan kecoa dengan air bersih dan sabun.

  1. Bisa Menyebarkan 33 Jenis Bakteri

Tak hanya masalah-masalah diatas, kecoa juga membawa sekitar 33 jenis bakteri di tubuhnya! Kecoa sendiri mengangkut mikroba di permukaan tubuhnya dan mengandung patogen yang berbahaya bagi manusia. Dari 33 jenis bakteri, yang paling banyak ditemukan adalah e.coli, salmonella serta 6 cacing parasit dan 7 jenis patogen manusia, ungkap Pest World

  1. Bisa Memicu Munculnnya Tifus

Ternyata Kecoa juga bisa menyebabkan tifus, hal ini lantaran dalam tubuh kecoa mengandung bakteri salmonella typhi. Untuk gejala tifus sendiri  adalah demam tinggi, sakit kepala, sembelit, kelelahan, kehilangan selera makan, pusing, batuk, ungkap laman BC Center for Disease Control.

Salmonella typhi disebarkan melalui fecal dan oral, misalnya melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi dan bisa juga berkontak langsung dengan kotoran manusia yang terinfeksi dan tidak disertai dengan cuci tangan yang bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

pemalang banjir 140202b

400 Hektare Tambak Ikan di Pemalang Terendam Banjir! Kades: Ruginya Sampai Rp 4 Miliar!

93b2c204 f03e 48e3 835b 81cf38b08b7e 169

Polisi: Kasus SMP N 1 Turi Masih Berlanjut! Mungkin Ada Tersangka Baru!