4 Fakta Menarik Valentine’s Day Yang Jarang Diketahui!!

Bulan Februari selalu identik dengan hari kasih sayang atau yang biasa diebut Valentine’s Day. Hari kasih sayang ini jatuh pada tanggal 14 Februari. Pada tanggal ini semua orang akan mengungkapkan perasaa mereka dan bersama dengan orang yang mereka sayangi.

Di dunia barat sendiri, hari Valentine merupakan hal yang wajib dirayakan teruatama dengan orang-orang tercinta. Namun ternyata banyak orang yang tak mengetahui fakta-fakta menarik mengenai hari kasih sayang ini.

Namun kalian semua jangan khawatir, lantaran tim Elipsir Media telah merangkum hal itu semua, dan berikut beberapa hal unik dan menarik mengenai hari Valentine:

  1. Hari Valentine Sudah Ada Sejak 600 Tahun Lalu

Wawww, emejing. Setiap tanggal 14 Februari, tradisi anak-anak disekolah menukarkan kartu hari Valentine ternyata sudah ada sejak lama. Dilansir dari idntimes.com, catatan tertua Valentine adalah sebuah puisi yang ditulis oleh Charles Duke of Orleans kepada sang istrinya ketika dia dipenjara di menara London pada tahun 1415.

Dan Istilah Valentine sendiri diperkenalkan saat Paus Romawi Gelasius secara resmi menyatakan tanggal 14 Februari Hari Valentine karena tak akan ada lagi pengorbanan hewan. Hari itu kemudian dikaitkan dengan cinta karena banyak yang percaya bahwa burung memulai musim kawin pada 14 Februari.

  1. Mitos Valentine

Fakta selanjutnya yang harus kalian ketahui adalah mitos atau ada sebuah kepercayaan pada abad pertengahan. Dimana orang yang masih single dan berlawan jenis yang pertama kali bertemu pada tanggal 14 Februari, dipercaya akan menjadi seorang pasangan atau berjodoh.

Selain itu, ada juga mitos lain yang berkembang di hari kasih sayang ini, dimana jika mereka melihat burung gereja terbang pada hari itu maka ia akan menikahi seorang pelaut. Sedangkan jika ia melihat seekor burung gagak maka ia akan menikahi orang miskin. Namun banyak orang yang berharap melihat burung goldghin, lantaran mitos jika melihat burung tersebut mereka akan menikah dengan orang yang kaya raya.

  1. Cokelat Valentine

Semua orang pasti tahu dong, kalau hari Valentine identik dengan cokelat, namun apakah kalian tahu maksudnya?? Jadi begini, awal mulanya yakni  berasal dari gagasan Richard Cadbury yang memperkenalkan hadiah sekotak cokelat pada tahun 1868 untuk diberikan kepada orang yang Ia sayangi. Selanjutnya Richard juga sengaja membuat cokelat edisi khusus Valentine.

Namun ada legenda juga yang mengatakan bahwa pemberian cokelat ini dimulai dari budaya masyarakat Eropa. Dimana mereka memberikan cokelat sebagai kudapan khusus untuk orang tersayang pada tahun 1415 dan berlangsung hingga saat ini.

  1. Teori Awal Mulanya Hari Valentine

Ada dua teori terkait dengan asal-usul Valentine’s Day. Dilansir dari idntimes.com, salah satunya adalah bahwa hari itu berasal dari Lupercalia, sebuah festival Romawi pada tanggal 15 Februari di mana para pria menelanjangi dan memukuli para gadis muda dengan harapan dapat meningkatkan kesuburan mereka.

Untuk teori kedua adalah bahwa ketika Kaisar Romawi Claudius II berusaha untuk meningkatkan pasukannya, Ia melarang pria muda untuk menikah demi menjadi prajurit yang lebih baik. Namun seorang prajurit bernama St. Valentine menentang larangan itu dan Ia melakukan pernikahan rahasia. Karena tidak taat, Valentine pun akhirnya dieksekusi pada tanggal 14 Februari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *