10 Oktober Adalah Hari Anti Hukuman Mati Sedunia
Ilustrasi Hukuman Mati (sumber: sukabumiupdate.com)

10 Oktober adalah Hari Anti Hukuman Mati Seduia, Kamu Mau Ikut?

Selain dipilih menjadi hari Kesehatan Mental Dunia, 10 Oktober adalah hari Anti Hukuman Mati Dunia, Apakah diantara kita sudah ada yang pernah mendengar sebutan Hari Anti Hukuman Mati ini? Padahal hari besar ini sudah diresmikan sejak 2002 kemarin loh. Hal ini ditetapkan pada sebuah konggres yang diadakan di Roma pada Mei 2002 oleh beberapa organisasi yang menentang adanya hukuman mati.

Dikutip dari situs resmi World Coalition Against the Death Penalty, pada tahun 2019 yang menjadi usia ke-17 dari peringatan ini, hal yang ingin digaungkan adalah pengaruhnya terhadap anak-anak dan korban-korban lain yang terkena dampak dari hukuman mati ini.

Hal ini digaungkan karena sering kali anak-anak, yang orang tuanya harus mengalami hukuman mati, dilupakan dari perhatian para penegak hukum. Padahal mereka mendapatkan beban emosional dan psikologi yang sangat berat. Hal ini bahkan dapat merenggut hak asasi manusia yang mereka miliki.

Dampak Berkepanjangan

Di laman resmi tersebut dikatakan bahwa trauma yang didapatkan mencakup seluruh fase yang dialami oleh orang tua mereka. Mulai dari proses penahanan dan penyidikan, waktu-waktu sebelum mereka harus berpisah dengan orang tua mereka, hari pengeksekusian orang tua mereka, bahkan sampai beberapa tahun setelah eksekusi tersebut dilakukan.

Sebuah fakta mengatakan bahwa hal ini dapat dibawa bahkan sampai usia mereka menginjak angka puluhan yang artinya mereka sudah dewasa. Walaupun terjadi bertahun-tahun sebelumnya, perasaan kecewa terhadap pemerintah dan mereka yang memberikan vonis hukuman mati membawa dampak panjang kepada mereka.

10 Oktober Adalah Hari Anti Hukuman Mati Sedunia
17th World Day Against the Death Penalty: Children, Unseen Victims

Perkembangannya Saat Ini

Menurut Aurilie Placias dari Koalisi Penentang Hukuman Mati World Coalition Against the Death Penalty (WCADP) tentang 10 Oktober yang adalah Hari Anti Hukuman Mati Sedunia, jenis kejahatan yang pantas dijatuhi hukuman mati masih berada di jangkauan yang sangat luas. Keadaan yang tidak adil dimata hukum dan peluang untuk mendapatkan amensti juga masih sangat kecil.

Sebuah resoulusi dilakukan oleh PBB dengan nomor 62/149 tentang penangguhan pelaksaan hukuman mati akhirnya mendapat dukungan. Sudah ada 27 negara di Asia yang mendukung dihapuskannya hukuman mati ini. Tetapi masih ada 14 negara lain yang belum mendukung gerakan ini termasuk Indonesia.

Negara lain yang belum mendukung gerakan anti hukuman mati ini adalah Afghanistan, Bangladesh, Brunei, China, India, Jepang, Malaysia, Mongolia, Korea Utara, Pakistan, Singapura, dan Thailand.

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Hari Kesehatan Mental Dunia

Dukung Hari Kesehatan Mental Dunia dengan Lakukan Beberapa Langkah Ini!

timnas indonesia vs uea

Ini Dia Megahnya Stadion Laga Indonesia vs Uni Emirat Arab