10 Fakta Yerussalem! Kota Tua Yang Jadi Rebutan Sejak Ribuan Tahun!!
Kota Yerussalem(sumber:idntimes.com)

10 Fakta Yerussalem! Kota Tua Yang Jadi Rebutan Sejak Ribuan Tahun!!

Siapa yang tak tahu dengan kota Yerussalem, dimana kota ini merupakan salah satu kota tua di dunia dan menjadi rebutan sejak ribuan tahun yang lalu. Salah satu faktor utama yang menjadi pemicunya ialah kota ini di klaim sebagai kota suci bagi tiga agama besar yakni Yahudi, Kristen dan juga Islam.

Dan berikut adalah 10 fakta tentang Kota Yerussalem, dilansir dari berbagai sumber:

  1. Diperebutkan Babilonia dan Persia

Raja Babilonia Nebuchadnezzar II dua kali berusaha merebut Yerussalem pada 597 dan 585 SM. Ia juga memenjarakan Raja Jehoiakim dan kaum elite Yahudi lainya lalu menghancuran kenisah mereka.

Perjanjian lama menyebutkan, Raja Sirius Agung dari Persia menumbangkan Babilonia pada 540 SM an membebaskan kaum Yahudi serta membangun kembali kuil mereka di Yerussalem.

  1. Yerussalem, Kotanya Nabi Daud AS

Kitab perjanjian lama menyebut, Raja Daud dari dua kerjaan Judea dan Israel, merebut kota Yerussalem dari tangan bangsa Jebusit pada tahun 1.000 SM.

Nabi Daud menjadikan kota itu sebagai pusat kerajaan dan keagamaan. Kemudian, Raja Sulaiman, putra Raja Daud, membangun kenisah Yahweh pertama di sini sekaligus menjadikan kota itu sebagai pusat agama Yahudi.

  1. Penduduk Romawi dan Bizantium

Yerussalem berada di bawah kekuasaan Kekaisaran Romawi sejak 63 M. Perlawanan bangsa Yahudi mencetuskan perang pada 66 M, yang akhirnya dimenangkan oleh banga Romawi.

Hal itu menjadikan kuil mereka di Yerussalem kembai mengalami aksi penghancuran. Akhirnya Romawi dan Bizantium berhasil menguasai Palestina selama 600 tahun.

  1. Masa Pendudukan Muslim

Dibawah pimpinan Kalifah Umar bin Khatab, tentara muslim berhasil mengepung dan menguasai Yerussalem pada 637 M.

Di era pendudukan muslim inilah, penguasa yang saling bermusuhan dan dari berbagai mazhab Islam silih berganti menguasai kota Yerussalem ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sabyan - Aisyah

Lirik Lagu Sabyan – Aisyah Istri Rasulullah

6 Fakta Asgardia, Negara Luar Angkasa Pertama di Dunia!!

6 Fakta Asgardia, Negara Luar Angkasa Pertama di Dunia!!